Langsung ke konten utama

27 Oct 2023 - Tentang Pegadaian

Ternyata udah lama juga gk nulis blog nih gue ya, 

Hi Welcome everybody, balik lagi nih di blog gue...
Gk terasa udah 6 hari atau kita genepin aja udah seminggu ya setelah postingan terakhir.

Dari postingan terakhir banyak bgt hal terjadi mulai dari gw yang jalan-jalan kantor ke Jogja sampe kabar gembira bgt yang gw juga gk boleh kasih tau dulu sampai nanti.

Minggu ini gw dapet shift malem 3 minggu berturut-turut, semoga dengan full shift malem ini gw bisa produktif di pagi sampe siang hari, minimal bisa bantu rumah depok serta rumah ciledug juga jadi rajinnya merata tidak hanya di satu rumah aja.

Pas ke Yogya kemaren gw nginep di 1 hotel yang bagus banget ternyata. Hotel Tentrem Yogya, ini hotel kece parah, harga kamar termurahnya ada di 1,6juta itu double bed. Tapi walau double bed gw akuin kamar ini bisa dipake sampe 5 orang. Pertama kamarnya itu luas bgt kalau mau perbandingan itu kalo lo pernah nginep di hotel Amaris atau Aston nah luas tempat tidurnya itu di kali 3. Seluas itu untuk kamar double bednya.

Untuk bednya sendiri memang di traveloka tulisannya double bed. Yang dibayangan gw adalah ya double bed kepisah dimana 1 bed ukuran 1 oranglah ya...
Ternyata pas dateng kesana ukuran 1 bednya itu Queen size Pak! yang mana muat buat 2 orang trus ditambah ada lagi semacam sofa bed bisa buat 1 orang jadi itu 5 orang nginep bareng juga bisa wkwkwk...

Kegiatan 2 hari di Yogya seru dan asik bgt walau memang ada sedikit cerita sedih dimana gw teledor gk masukin jam digital punya bokap ke tas. Yang berakibat pada hilangnya jam huawei smart watch itu. Haduh sebenernya sedih bgt itu jam harus hilang. Karena itu kenang2annya papa dari temen-temen di kantornya dimana pas dibeli harganya cukup lumayan. Yaa semoga berpindah tangan ke orang yang bisa make juga yaa minimal biar bisa berguna lagi.

Oke sekarang kita ke judul utamanya yaitu Tentang Pegadaian...

Tentang Pegadaian.
Pegadaian ini adalah sebuah tempat pinjam uang dengan slogan "Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah" Nah nyokap gw kebetulan memang mengandalkan tempat ini ketika sudah buntu tidak tau mau pinjam uang kemana lagi untuk berbagai kebutuhan. Namun sayangnya Nyokap selalu bergantung pada bayar bunga per 4 bulannya saja. Dimana ketika mau bayar sistem yang dipakai bukanlah sistem "tabung dari awal agar ketika hari H sudah ada uanganya" tetapi dengan sistem " WAH IYA! bulan ini bayar pegadaian" yang menghasilkan yaaa neraca keuangan tak seimbang.

Dulu mama bergantung pada uang dinas papa yang lebihan agar bisa menebus perhiasannya di pegadaian. Tetapi setelah papa pensiun mama tetap melakukan gadai yang sama dan ternyata masih menggunakan metode yang sama untuk pembayaran bunganya. Bahkan kali ini bukan hanya 1 surat pegadaian, tetapi 4 surat pegadaian dengan total pinjaman sampe 25juta rupiah.

25 juta ini terpecah dalam 4 surat pegadaian dengan beberapa variabel total pembayaran serta bunga. Yang mana jatuh 4 bulannya juga di bulan bulan berbeda. Yang perlu disoroti disini adalah ketika anda melakukan gadai di pegadaian ada 2 variabel yang harus diperhatikan :
1. Pokok pinjaman
2. Bunga per 4 bulan
2 aspek ini yang harus anda perhatikan betul-betul ketika sudah menerima uang hasil gadai pegadaian anda apabila anda mau menebus lagi barang gadainya. Pokok pinjaman adalah nilai hasil taksir barang yang anda gadai. Bunga per 4 bulan adalah semacam biaya sewa karena jatuhnya kita menitipkan barang kita di pegadaian. Nah hal yang perlu diketahui adalah cara kita membayar untuk menebus gadai kita ini. 

Kembali ke cerita sebelumnya dimana nyokap gw yang bayar bunganya doang setiap 4 bulan. Gw awalnya berpikir "oooo bayar bunga tiap 4 bulan berarti pokoknya juga berkurang ya...." ternyata tidak kalau kita bayar bunga ini ya untuk bunganya aja tidak mengurangi utang pokok kita ke pegadaian. 1 tahun berjalan gw jadi bertanya2 apakah sebetulnya kalo mau nebus ini harus bayar full? bisa dicicil gk sih sebenernya pokok pinjaman ini? Akhirnya gw dapet jawabannya dari tante gw april 2023. Kata tante gw bisa bayar itu pokoknya jadi mengurangi pokok pinjamannya. Wah kabar bagus bgt dong ini tapi karena ketika itu gw lagi persiapan pernikahan akhirnya gw memutuskan untuk nabung dulu tiap bulan untuk membantu bayar bunga bulanannya.

Akhirnya di October 2023 ini tepat sebulan setelah acara nikah gw, gw mencari tahu cara pembayaran cicil pokok ini. 26 Oktober berangkatlah gw ke kantor pegadaian di daerah sekitar pasar minggu, antri sekitar setengah jam lalu nomor gw dipanggil, gw ke loket menanyakan perihal pembayaran cicil gadai ini. Petugasnyapun menghitung berapa bunganya terlebih dahulu, setelah di cek (gw bawa 2 surat tapi yang di cek 1 surat dulu) ternyata 1 surat itu bunganya sudah di angka 210rb. Gw kemudian sebut angka mau cicil pokoknya 300rb dulu dan akhirnya petugas loketnya mengiyakan dan menanyakan pembayaran via apa? gw bilang transfer. Petugasnya berkata wah kalo transfer banknya terbatas akhirnya gw bilang "Saya ada 4 bank mbak, dan akhirnya petugas loketnyapun menyebutkan kita bisa bayar 1 bank mandiri via Livin" Langsung gw keluarin hp dan cek sesuai arahan petugas dan BOOM!!!

Livin ini ternyata enak bgt guys udah ada 3 pilihan pembayaran pegadaian via Livin Mandiri yaitu :
- Cicil Gadai
- Perpanjang Gadai
- Tebus Gadai
Selama ini yang nyokap gw lakukan adalah yang perpanjang gadai ini, akhir gw cobain yang cicil gadai via menu bayar livin, masukin nominal kemudian masukin nomor kreditnya dan BOOM keluar total yang harusnya dibayar dimana kalo bayar cicil gadai ini adalah 
NOMINAL YANG DICICIL + BUNGA BERJALAN
Dan udah setelah itu beres bayar di Livin itu langsung connect dengan aplikasi yang ada di loket petugasnya dan diprintkan perpanjangan gadai terbaru juga dengan tenggat waktu 4 bulan yang baru.

Akhirnya setelah 6 bulan tau ada cicil gadai gw punya cara baru sekarang untuk merencanakan lunasi utang pegadaian ini. Mohon doanya guys supaya lancar rezeki sehingga bisa beresin pegadaian ini. Tapi kenapa fitur ini gk terlalu disosialisasikan sama pegadaian yaa? padahal membantu bgt ini cicil jadi kita pun mau bantu ortu lebih mudah.

Ya udah apapun itu semoga cerita gw kali ini bermanfaat dan jangan lupa kalo mau berurusan dengan pegadaian pastikan punya aplikasi Livin Mandiri ya guys!

Have a nice Day!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

30 Nov 2023

Tantangan Berkeluarga Hari ini menjelang bulan desember, sudah hampir 1 tahun 2023 berjalan, gw gk pernah menyangka sebelumnya bahwa 2023 adalah tahun gw memulai hal baru di dunia ini. Di awali di akhir tahun lalu dimana pasangan meminta keseriusan dari gw dan akhirnya gw iyakan dengan salah satunya membeli cincin dan turns out semua begitu cepat sampe akhirnya September kemaren acara dan terlaksana dengan lancar. Dulu waktu jaman kuliah dan kerja awal-awal gw memang pernah membuat sebuah target iseng bahwa ingin menikah sebelum usia 30 tahun dan ternyata kejadian di 30 tahun lewat 3 bulan (ya udah lewat dikit yeee, yang penting rejeki-rejeki berikutnya jangan sampe dilewatkan lagi).  Dan menjelang akhir 2023 ini artinya sudah fix 2 bulan saya menjalani rumah tangga bersama istri sekarang ini. Kalo ditanya rasanya gimana yaaa ada serunya, sedihnya, senengnya, juga banyak fakta-fakta barunya. Tapi tentu saja gk akan gw utarain disinilah cukup disimpen sendiri aja biar yang baca juga nan

8 Des 2023

Hari ini gw ke kantor lagi. Bukan untuk kerja, melainkan untuk donor darah. Yes donor darah, hal yang dulu dilakuin sekitar 6 bulan sekali ketika pacaran. Lumayan dapet makan siang dan bisa beresin beberapa tiket pending. Trus setelah itu dapet cerita bareng beberapa rekan kerja yang ternyata diluar dugaan banyak juga cerita-cerita mencengangkan dibalik senyum dan tawa mereka. setelah itu di sorenya sedikit ambil sesi foto di jpo phinisi. Disini lagi-lagi gw mengalami mental block yaitu harus berhadapan dengan orang asing untuk diminta foto. Gw udah bawa kamera, gear udah lumayan oke dengan lensa manual, tetapi ketika eksekusi.... Keburu takut dapet penolakan duluan. Kayaknya ini adalah salah satu penyakit gw, takut melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya dan takut akan hasilnya kemudian. Padahal seharusnya ya jalani aja, toh gk ada masalah juga setelahnya mau berhasil maupun gagal, karena yang berhasil adalah diri gw sendiri yang sudah mengatasi rasa takut itu. Kayakn

Magang di Kantor

setelah berbagai kebingungan panjang dan puluhan keinginan mau geladi dimana, akhirnya ujung-ujungnya gw geladi di Telkom Jaksel. padahal awalnya udah di pengen di perusahaan ini itu, bahkan sampe radio kece kalo bisa. tapi sayangnya radio kece yang satunya gk ada lowongan. oke jadi geladi gw itu dimulai tanggal 24 juni kemaren, pembukaan ya biasalah formalitas dan pengenalan berbagai bagian yang ada dikantor itu yang berujung.... tidur. some of us (termasuk gw) kepalanya terus bergerak turun sampe akhirnya didalam kepala ada yang berteriak "kapal oleng kapten" (maksudnya ngantuk dan kepala mau jatuh tertidur), tapi gk jadi karena maksudnya gk enak sama yang ngejelasin juga. walaupun akhirnya rasa kantuk pecah dengan datangnya snack dan aqua gelas. singkat cerita akhirnya gw dapet magang di bagian DIVA, ini merupakan bagian yang tidak paling gabut. karena banyak isu mengatakan bahwa kerjaannya ya gabut dan download. jadi rata2 selesai geladi kouta harddisk lo bakal berkura