Langsung ke konten utama

19 Oct 2023

Disiang yang cukup sejuk ini gw nulis blog dari Ciledug (Parung Serab lebih tepatnya) dan di lantai 2 gw nulis ini.

Hmmm mau nulis tentang apa ya? Mungkin tentang keuangan lagi kali ya.

Setelah melihat tagihan kartu kredit yang menyentuh angka 7 juta, kayaknya gw musti cek ulang lagi penggunaan CC dan juga mereview ulang list pengeluaran.

Gw mulai cukup rajin ngelist segala pengeluaran gw sejak pindah kantor tahun lalu. Gw nulis pengeluaran karena memang setelah nonton beberapa video tentang nasehat keuangan, cara agar lo bisa mengatur pengeluaran lo adalah dengan menulis pengeluarannya.... YANG TERNYATA TIDAK CUMAN ITU DOANG.

Menulis pengeluaran memang penting agar lo tau jajan apa aja, keluar berapa rupiah di hari itu, dan yang terpenting berapa sisa uang lo di bulan ini. Tapi setelah menjalani itu selama 6 bulan gw menyadari kok kayaknya pengeluaran gw makin lama makin banyak ya? Kayak sisa uang bulanan selalu minus, kemudian mulai menggerogoti tabungan yang udah dipisah diawal, sampe akhirnya pake kartu kredit buat belanja ini itu dan ditutup dengan tagihan CC 7 juta ini.

Setelah look back pengeluaran gw ternyata ada 1 step yang gw miss dari mencatat pengeluaran ini. Step apa itu? Ya betul 
"REVIEW PENGELUARAN DAN MEMBUAT LIST WAJAR BERAPA PENGELUARAN LO"
Karena dengan mencatat pengeluaran 2 bulan pertama lo akan menyadari lo belanja apa aja dan uang lo kemana aja. Tapi ya udah gitu aja selesai, lo gk akan berbuat apapun untuk mengurangi ataupun menambah penghasilan (ini di kasus gw ya) simple karena ya ini udh pengeluaran gw mau gimana lagi.
Tapi ternyata itu salah, setelah kita punya list pengeluaran bulanan dan sudah bikin per kategori. Kita harus review nih selanjutnya dari tabel yang udah ada. Berapa seharusnya pengeluaran kita sesuai kategori dibulan berikutnya, karena kalo kita gk ngelakuin ini yang ada ya kita akan spent money lebih banyak lagi dari bulan sebelumnya. Belum lagi kalo ada pengeluaran diluar rencana kalian. Wah itu lebih kacau lagi sih dan akhirnya kayak gw jadinya spent pake CC sampe akhirnya ya kayak sekarang ini tagihan CC 7 juta.


Jadi mencatat pengeluaran adalah 1 langkah awal, tapi harus dilanjutkan dengan perencanaan keuangan dan membuat pos pos untuk bulan berikutnya serta menahan diri ketika memang sudah habis anggarannya untuk pos tersebut. Karena kalo engga ya siap-siap jebol kantong kantong lainnya.

Sekian posting tentang kuangan singkat ini. See you on the next post

Komentar

Postingan populer dari blog ini

30 Nov 2023

Tantangan Berkeluarga Hari ini menjelang bulan desember, sudah hampir 1 tahun 2023 berjalan, gw gk pernah menyangka sebelumnya bahwa 2023 adalah tahun gw memulai hal baru di dunia ini. Di awali di akhir tahun lalu dimana pasangan meminta keseriusan dari gw dan akhirnya gw iyakan dengan salah satunya membeli cincin dan turns out semua begitu cepat sampe akhirnya September kemaren acara dan terlaksana dengan lancar. Dulu waktu jaman kuliah dan kerja awal-awal gw memang pernah membuat sebuah target iseng bahwa ingin menikah sebelum usia 30 tahun dan ternyata kejadian di 30 tahun lewat 3 bulan (ya udah lewat dikit yeee, yang penting rejeki-rejeki berikutnya jangan sampe dilewatkan lagi).  Dan menjelang akhir 2023 ini artinya sudah fix 2 bulan saya menjalani rumah tangga bersama istri sekarang ini. Kalo ditanya rasanya gimana yaaa ada serunya, sedihnya, senengnya, juga banyak fakta-fakta barunya. Tapi tentu saja gk akan gw utarain disinilah cukup disimpen sendiri aja biar yang baca juga nan

8 Des 2023

Hari ini gw ke kantor lagi. Bukan untuk kerja, melainkan untuk donor darah. Yes donor darah, hal yang dulu dilakuin sekitar 6 bulan sekali ketika pacaran. Lumayan dapet makan siang dan bisa beresin beberapa tiket pending. Trus setelah itu dapet cerita bareng beberapa rekan kerja yang ternyata diluar dugaan banyak juga cerita-cerita mencengangkan dibalik senyum dan tawa mereka. setelah itu di sorenya sedikit ambil sesi foto di jpo phinisi. Disini lagi-lagi gw mengalami mental block yaitu harus berhadapan dengan orang asing untuk diminta foto. Gw udah bawa kamera, gear udah lumayan oke dengan lensa manual, tetapi ketika eksekusi.... Keburu takut dapet penolakan duluan. Kayaknya ini adalah salah satu penyakit gw, takut melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya dan takut akan hasilnya kemudian. Padahal seharusnya ya jalani aja, toh gk ada masalah juga setelahnya mau berhasil maupun gagal, karena yang berhasil adalah diri gw sendiri yang sudah mengatasi rasa takut itu. Kayakn

Magang di Kantor

setelah berbagai kebingungan panjang dan puluhan keinginan mau geladi dimana, akhirnya ujung-ujungnya gw geladi di Telkom Jaksel. padahal awalnya udah di pengen di perusahaan ini itu, bahkan sampe radio kece kalo bisa. tapi sayangnya radio kece yang satunya gk ada lowongan. oke jadi geladi gw itu dimulai tanggal 24 juni kemaren, pembukaan ya biasalah formalitas dan pengenalan berbagai bagian yang ada dikantor itu yang berujung.... tidur. some of us (termasuk gw) kepalanya terus bergerak turun sampe akhirnya didalam kepala ada yang berteriak "kapal oleng kapten" (maksudnya ngantuk dan kepala mau jatuh tertidur), tapi gk jadi karena maksudnya gk enak sama yang ngejelasin juga. walaupun akhirnya rasa kantuk pecah dengan datangnya snack dan aqua gelas. singkat cerita akhirnya gw dapet magang di bagian DIVA, ini merupakan bagian yang tidak paling gabut. karena banyak isu mengatakan bahwa kerjaannya ya gabut dan download. jadi rata2 selesai geladi kouta harddisk lo bakal berkura